Edukasi Safety Riding di SMK PKP 2 oleh Wahana Motor

SMK PKP 2 pada hari Senin 30 April 2019 ada kegiatan Edukasi Safety Riding oleh Wahana Motor.
Riset menunjukkan bhw penyebab kecelakaan  lebih dr 90% datang dari faktor kesalahan manusia (human error). Kalau di pabrik, manusianya itu operator mesin. Kalau di jalan raya, sopir/pengendara  (driver). 70% kecelakaan lalulintas adalah pemotor.
Untuk selamat dan aman berkegiatan harus  berpikir terbuka dan progresif agar mudah menemukan pemahaman dan penerapan  prinsip-prinsip keselamatan dan keamanan yang universal sesuai dengan konteks dimensional kekinian yang dinamis.
Keselamatan berkendara mensyaratkan kebugaran fisik dn mental jangka panjang untuk mencegah timbulnya "human error" yang bisa memicu kecelakaan.
Banyak kecelakaan yang dipicu oleh ketidaktahuan dan ketidakmampuan pemilik mobil dan motor mengoperasikan sistem2 dn bagian2 mobil dengan benar, tepat,  dan selamat.
Tentu tidak ada manusia normal yang secara sadar ingin menjadi korban kekacauan (ketidak-tertiban), kecelakaan (ketidak-selamatan) dan kejahatan (ketidak-amanan). Kalaupun ada yg berperilaku sebaliknya, yakin itu karena ke*B*odohan dan/atau ke*L*alaian dan/atau ke*L*engahan dan/atau ke*C*erobohan semata. 
Perlu pencerahan sblm terlanjur mjd korban BLLCnya sendiri yang mungkin selama ini belum ia sadari konsekuensi buruknya: cedera, terluka, terjangkit penyakit, gagal-teknis bekerja/berkendara, dan   bangkrut harta benda dan/atau tewas mjd korban kecelakaan dan/atau kejahatan.

Ir. Hadis Nur Islam M.T

16 Pembaca    |    0 Komentator