SHELL ROAD SAFETY COACHING CLINIC

Di SMK PKP 2 DKI Jakarta pada 7 Agustus 2019 



Menurut hasil studi World Health Organization (WHO) tahun 2015, kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab nomor satu kematian di usia 15-29 tahun. Setiap tahun, 1.250.000 kematian terjadi akibat kecelakaan lalu lintas. Fakta ini didukung dengan data dari Kepolisian Republik Indonesia yang menyatakan bahwa angka kecelakaan lalu lintas paling banyak dialami oleh remaja dalam rentang usia 15 - 25 tahun. Berdasarkan data tersebut, dapat dilihat bahwa para pelajar Sekolah Menengah Atas atau sederajat  masuk dalam rentang usia berisiko tinggi alami kecelakaan lalu lintas.

Untuk membantu menekan angka kecelakaan di kalangan remaja, program "Shell Road Safety Coaching Clinic" di adakan di SMK PKP 2 DKI Jakarta, yang dikuti oleh Siswa siswi kelas XII dan XI yang berjumlah sekitar 120 Orang. Dalam sesi Coaching Clinic, para siswa SMK diberikan materi-materi dasar berkendara mulai dari prinsip-prinsip berkendara, teknik dan prosedur berkendara secara baik dan benar, hingga etika dalam berkendara. Selain itu, sebanyak 120 peserta dari diminta untuk mengisi kuesioner tentang aktivitas berlalu lintas dan tiga bulan kemudian,  para peserta akan diminta kembali untuk mengisi kuesioner. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah ada perubahan perilaku berlalu lintas setelah mengikuti kegiatan ini. 

Selain di DKI Jakarta, Coaching Clinic juga dilakukan di wilayah Semarang dan sekitarnya, yaitu Kendal dan Demak. Lebih dari 1600 siswa SMK dari 8 SMK negeri dan swasta di wilayah tersebut mengikuti Shell Road Safety Coaching Clinic, dalam format yang sama dengan penyelenggaraan kegiatan di DKI Jakarta. Para siswa dengan antusias mengikuti kegiatan yang merupakan pengalaman pertama bagi mereka ini.

Program Shell Road Safety Coaching Clinic bagi siswa SMK/SMKN ini merupakan bagian dari program investasi sosial Shell melalui payung besarnya "Shell Road Safety" yang telah dilakukan di Indonesia sejak tahun 2008.  Shell Road Safety Coaching Clinic merupakan pendekatan baru dari PT Shell Indonesia dalam memberikan edukasi keselamatan berlalu lintas di kalangan pelajar/generasi muda. Mereka mendapat materi dasar tentang aman berlalu lintas, khususnya sebagai pejalan kaki, pengemudi sepeda dan penumpang sepeda motor dan mobil. 

PT Shell Indonesia bekerja sama dengan Dinas Pendidikan menghadirkan sebuah program dengan nama Shell Road Safety Coaching Clinic. Pada Shell Road Safety Coaching Clinic ini, para siswa SMK PKP 2 DKI Jakarta mendapatkan materi keselamatan berlalu lintas dari Indonesia Defensive Driving Center.


9 Pembaca    |    0 Komentator

Kirim Pesan Anda